Uncategorized

Persidangan Lai ditunda karena pengacara Inggris menghadapi masalah visa

Pengadilan Tinggi telah menunda persidangan mogul media Jimmy Lai Chee-ying yang jatuh dalam kasus yang melibatkan dugaan kolusi dengan pasukan asing hingga 13 Desember sambil menunggu interpretasi hukum Beijing tentang undang-undang keamanan nasional tentang apakah mantan bos Apple Daily dapat mempekerjakan Penasihat Raja Inggris Tim Owen untuk membela dia.

Departemen Imigrasi “telah menahan” permohonan visa Owen, kata pengadilan kemarin.

Panel yang terdiri dari tiga hakim keamanan nasional mengabulkan penundaan sidang yang semula akan dimulai kemarin untuk Pengeluaran SDY interpretasi undang-undang keamanan nasional oleh Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional.

Saluran Standar

Selengkapnya>>
Lai, sudah di penjara setelah dihukum dalam kasus pertemuan ilegal, mengenakan jas abu-abu saat dia menghadap hakim Esther Toh Lye-ping, Susana Maria D’Almada Remedios dan Alex Lee Wan-tang.

Pengacara Lai yang berusia 74 tahun mengatakan bahwa mereka tidak keberatan dengan penundaan karena Departemen Imigrasi telah menahan aplikasi Owen untuk perpanjangan visa kerjanya saat ini, sehingga dia tidak dapat hadir di pengadilan atas nama taipan tersebut.

Tetapi Robert Pang Yiu-hung, mewakili Lai, mengatakan keputusan departemen untuk menahan visa Owen bertentangan dengan kepentingan publik dan merujuk pada persetujuan Pengadilan Banding Akhir atas keterlibatan Owen dalam persidangan Lai.

“Ini secara efektif menggagalkan perintah ketua pengadilan bahwa pengadilan harus memiliki bantuan terbaik yang tersedia untuk menangani semua tugas berat yang ada,” kata Pang.

Owen memiliki visa untuk mengerjakan persidangan kriminal lain di Hong Kong, tetapi departemen memberikan surat kepada pengacara Inggris yang mengatakan bahwa departemen telah menahan permohonannya untuk memperpanjang masa tinggalnya, meskipun tidak diketahui kapan akan berakhir.

Sementara Departemen Imigrasi diklaim telah memberikan alasan yang “sangat jelas” atas tindakannya dalam surat kepada Owen, seorang juru bicara menolak untuk mengatakan lebih banyak tentang kasus individu dan bahwa aplikasi bergantung “pada kemampuan masing-masing.”

Penjabat wakil direktur penuntut umum Anthony Chau Tin-hang juga mengatakan kemarin bahwa sementara kasus tersebut sekarang telah ditunda kurang dari dua minggu hingga 13 Desember, sidang dapat ditunda lebih lama karena pertemuan NPCSC berikutnya ditetapkan untuk akhir tahun. bulan.

Chau mengatakan interpretasi tersebut mungkin tidak hanya melarang pengacara luar negeri yang memiliki kualifikasi penuh untuk berlatih di Hong Kong untuk muncul dalam kasus keamanan nasional, tetapi juga melarang segala bentuk partisipasi.

Dia mengatakan ini akan menjadi pertama kalinya interpretasi tentang undang-undang keamanan nasional, menambahkan bahwa penuntutan memiliki “setiap alasan untuk percaya” NPCSC akan mengabulkan permintaan kepala eksekutif SAR untuk menjauhkan pengacara luar negeri dari kasus keamanan nasional.

Chau meminta “penundaan singkat” selama tujuh hari, tetapi hakim Lee mempertanyakan apakah itu cukup waktu bagi Keluaran SDY penuntut untuk mendapatkan instruksi yang jelas mengenai “jadwal” untuk interpretasi.

Lee mengatakan tidak adil bagi Lai dan terdakwa lainnya jika persidangan ditunda berulang kali tanpa mengetahui kapan akan dimulai.

Dan hakim Toh mengatakan adalah bijaksana untuk menambahkan beberapa hari lagi pada penundaan dan mendaftarkan sidang berikutnya pada 13 Desember untuk memutuskan apakah sidang harus ditunda lebih lanjut.